4. Listing Program [Kembali]
#include
<LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD #include <Keypad.h> //Deklarasi
library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah
baris
const byte COLS = 3;
char
keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4',
'5', '6'},
{'7', '8',
'9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan
untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan
untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang
digunakan LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS
);
void setup() {
// Set baris dan kolom LCD lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) { lcd.print(key);
}
}
5. Analisa [Kembali]
1 Analisa
Prinsip Kerja Dari Percobaan Menampilkan input Keypad Pada LCD
Pada percobaan ini kita merangkai
arduino dengan pin analog dihubungkan ke output berupa LCD dan pin digital
sebagai input yang dihubungkan ke keypad. Pada LCD akan ditampilkan output
berupa citra atau gambaran pada LCD percobaan ini terdapat 2 baris dan 8 kolom.
pertama buat listing programnya yang terdapat perintah kemudian masukkan ke arduino. Jadi setelah
kita mengaktifkan arduinonya, maka rangkaian pada percobaan ini akan aktif,
ketika kita memberikan input pada keypad, arduino akan melakukan pemrosesan
pada data yang diinputkan kemudian pada pin analog keluar output yang
ditampilkan pada LCD .
-HTML
Tidak ada komentar:
Posting Komentar